Halaman

membuat tulisan graffiti dengan Photoshop


Saya yakin semua pasti sudah tahu apa yang dimaksud dengan tulisan graffiti, yakni tulisan yang dibuat pada tembok-tembok kota yang menggunakan cat semprot, kuas ataupun spidol. Namun saya tidak akan membahas lebih jauh soal sejarah dan definisi graffiti disini, melainkan saya hanya akan memberikan tutorial singkat bagaimana membuat tulisan graffiti dengan Photoshop.


Pertama, gunakan gambar foto suasana yang cocok untuk dijadikan objek tulisan graffiti. Sebagai contoh saya menggunakan foto berikut ini.


Setelah itu, ketikkan tulisan graffiti yang anda inginkan. Disini saya membuat tulisan "trikdesain" dengan jenis font "mostwasted". Anda bisa menggunakan jenis huruf apapun yang anda inginkan, lalu sesuaikan besarnya dengan gambar tembok yang akan anda jadikan objek graffiti anda.


Lalu aktifkan layer style dan aktifkan "gradient overlay" dengan warna hitam-abu dan berikan "stroke" warna hitam dengan ketebalan yang pantas menurut anda.


Setelah dirasa cukup indah, duplikat layer "trikdesain" tersebut. Lalu gabungkan kembali layer "trikdesain" dengan hasil duplikatnya, sehingga sekarang tinggal ada layer "trikdesain". Pada saat ini, tanda effect gradient overlay dan Stroke akan lenyap.


Sekarang ubahlah posisi objek "trikdesain" menjadi sesuai dengan bidang dan kemiringin tembok yang ada pada foto. Gunakan Ctrl+T lalu gerakkan sudut transform control dengan mouse anda. Jika anda melakukannya dengan benar, maka hasilnya akan seperti gambar berikut ini.



Jika sudah selesai, ganti blendong mode pada kotak layer anda dari normal menjadi "overlay". Tindakan ini akan membuat objek akan saling menyatu atau tumpang tindih.


Agar efek graffiti bisa terlihat lebih realistik, sekarang duplikat kembali layer "trikdesain" dan pindahkan hasil duplikatnya ke bawah layer induknya,( lihat tanda panah ). Namun pada layer hasil duplikat ini, kembalikan blending mode dari overlay ke normal. Lalu berikan efek Filter > Blur > Gaussian Blur dengan radius 4 Pixel.


Selesai, sekarang tulisan graffiti terlihat realistik seolah-olah tulisan tersebut benar-benar ditulis ditembok sana.
Demikian tutorial singkat bagaimana membuat tulisan graffiti dengan Photoshop, semoga anda bisa mengembangkannya lebih jauh lagi.


desablon

Admin: Bangmok

bekerja freelance sebagai desain grafis untuk t-shirt sejak 2002. Software wajib : Adobe, Corel, Autodesk, 3D.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar