teknik cabut warna untuk sablon


Cabut warna, atau biasa juga dikenal dengan istilah pisah warna, adalah teknik pembuatan film sablon dengan cara menguraikan atau memecah gambar atau desain jadi beberapa warna tergantung warna gambar dan keinginan atau kreasi kita. Pada pembuatan film sablon dengan teknik cabut warna, kita tidak menggunakan warna hitam, artinya warna hitam pada gambar akan memanfaatkan warna bahan kaos yang umumnya berwarna hitam atau gelap.
Cabut warna memberikan ciri dan karakteristik yang berbeda dibanding pemisahan warna melalui teknik separasi. Karena melalui cabut warna, kita bisa mengubah warna gambar dengan warna yang berbeda sesuai dengan keinginan kita. Hal ini berbeda dengan separasi, dimana kita tidak bisa seenaknya mengganti warna  CMYK yang merupakan warna standar separasi.


Berikut ini adalah tutorial sederhana pembuatan film sablon cabut warna dengan menggunakan program grafis photoshop.
Pertama, siapkan gambar atau desain yang ingin dibuat cabut warna ( pisah warna ). Pastikan gambar tersebut berkualitas baik, dengan resolusi dan pixel yang cukup tinggi. Hal ini penting untuk menghasilkan output film yang baik. Dan yang paling penting, pastikan ukuran gambar tersebut sudah anda sesuaikan seperti ukuran pada bidang kaos yang sebenarnya sebelum proses cabut warna dilakukan.


Agar pekerjaan anda menjadi mudah, saya sarankan simpan image atau gambar anda dalam format photoshop saja. Lalu lakukan retouch / editing sesuai selera anda. Pada contoh ini saya menggunakan gambar HULK dan memberi Tulisan HULK serta menghilangkan batas kiri-kanan pada lengan Hulk, agar tidak terlihat patah.


Saya juga melakukan adjustments warna agar terlihat lebih cerah dan menonjol jika di eksekusi pada kaos nantinya. Maka hasil warnanya terlihat lebih terang seperti gambar berikut. Fitur ini bisa anda temukan di Photoshop pada Tab Image > Adjustments.


Setelah dirasa sesuai dengan keinginan, sekarang berikan patok ( lihat tanda panah merah pada gambar di atas ) agar gambar bisa ditangkupin kembali dengan akurat nantinya. Hal ini dibutuhkan pada pengujian keakuratan gambar, print film dan saat proses pembuatan film sablon nanti. Pada contoh ini saya memberi patok berupa huruf A dan B.

Sekarang saatnya melakukan eksperimen pertama anda. Aktifkan jendela Color Range yang ada pada Tab Select pada Photoshop. dan mulai melakukan pencabutan warna. Anda bisa memulai dari warna apa saja yang menurut anda mudah. Tidak ada aturan khusus untuk ini. Namun pada contoh ini, saya menggunakan warna paling terang dulu, yakni warna putih.


Setelah warna putih kita cabut, selanjutnya copy hasil dari color range tadi, dan paste-kan kembali pada bidang gambar. Maka secara otomatis photoshop akan membentuk layer baru pada jendela properties. Dan agar memudahkan anda dalam melakukan pengeditan nanti, rename nama layer tersebut dengan nama "putih" seperti pada contoh ( tanda panah ) di bawah ini. 
Jika pencabutan belum terjadi dengan sempurna, anda bisa menambahkan warna putih yang belum ikut tercabut dengan mengulang proses tadi, dan  menggabungkan hasil pencabutan terbaru dengan yang tadi menjadi satu layer.


Dan dari hasil pencabutan warna, saya dapatkan hasil gambar seperti dibawah ini. Agar anda mudah melihatnya, saya melakukan overlay pada hasil pencabutannya. Berikut adalah contoh cara membuat efek color overlay agar anda bisa mengamati hasil kerja anda.


Berikut adalah contoh cabut warna pada warna putih yang sudah saya kasih background putih dan saya tambahkan efek overlay warna abu. Tujuannya biar anda lebih mudah memahami proses ini.


Harap pencabutan setiap warna dilakukan dengan sangat berhati-hati, disini dibutuhkan kepekaan mata anda dan kemampuan anda dalam memahami proses sablon. Karena bermain-main dengan teknik cabut warna sangat beresiko tinggi. Anda harus menguji setiap pencabutan warna pada setiap tingkatan warna dan pastikan tidak ada warna yang tertinggal atau ada warna lain yang ikut tercabut. Karena hal ini dapat menyebabkan kegagalan total.

Berikutnya adalah contoh warna yang sudah saya cabut menggunakan langkah dan proses yang saya sebutkan diatas ( silahkan amati perbedaan range tiap-tiap warna )

Kuning muda

Kuning semu hijau

Hijau Muda

Anda juga bisa menghapus bagian gambar yang anda anggap tidak perlu, seperti yang saya contohkan pada gambar di bawah ini ( lihat tanda panah ).
Hijau sedang

Hijau

Hijau semu biru

Untuk melihat apakah proses pencabutan telah berjalan dengan benar, anda bisa melakukan sedikit test dengan membuat layer background pada warna yang dicabut, kemudian mengganti warna hasil cabutan dengan overlay warna putih. Maka anda akan melihat hasilnya seperti gambar berikut ini. Tujuannya untuk melihat dari sisi positif apakah detil gambar yang anda cabut sudah sempurna. Jika beberapa bagian gambar terlihat hilang atau terkesan berlebihan, berarti anda melakukan kekeliruan. Anda harus mengulang lagi proses pencabutan warna yang bersangkutan. ( contoh gambar berikut adalah dari hasil cabut warna hijau semu biru yang saya ganti warna dan backgroundnya ).


Apabila semua proses cabut warna sudah selesai, anda bisa melepaskan efek dan style pada masing-masing warna, dan hasilnya akan berupa gambar dari tiap-tiap layer yang saling menindih sesuai urutan warna yang anda cabut tadi. Silahkan anda perhatikan gambar berikut. Pada contoh dibawah ini, anda tidak menemukan warna hitam, karena memang warna hitam bukan bagian dari gambar, melainkan hanya warna background.


Sekarang adalah proses menjadikan gambar hasil cabut warna kita menjadi film yang siap digunakan sebagai layout film sablon. Tahap ini tidaklah terlalu sulit, dan hanya membutuhkan beberapa tahap saja. Pertama silakan di duplikasi ( untuk menghindari kesalahan ) gambar yang sudah anda cabut tadi. Gambar cabut warna anda masih berbentuk RGB atau CMYK, dan kita harus melakukan konversi terlebih dahulu menjadi Greyscale. Silahkan anda arahkan kursor mouse anda ke Tab Image > Greyscale

 

Setelah itu arahkan kembali kursor mouse anda ke Image > Bitmap, maka akan tampil jendela Bitmap pada program Photoshop anda. Isikan Output 300 pixel / Inch dengan method : Halftone Screen


Setelah itu, pada jendela haftone screen, isikan Frequency : 32 line/Inch ( semakin besar nilai ini, semakin halus raster yang terbentuk ). Gunakan Angle : 45 dan Shape : Round ( nantinya anda bisa bereksperimen lebih jauh mengenai hal ini )


Anda bisa perhatikan, gambar sekarang berubah menjadi image raster dan siap dijadikan film. Lakukan langkah, isikan nilai dan efek yang sama pada semua hasil cabut warna yang telah dibuat. Dan proyek cabut warna atau pisah warna anda sudah siap dieksekusi menjadi screen sablon.


Pada proses eksekusi di sablon, warna pertama yang dicetak adalah warna yang paling tua, lalu berurutan sampai warna yang paling muda. Ada metoda lain dimana warna putih digunakan sebagai dasar dan dicetak pertama kali, hal ini akan saya bahas pada kesempatan yang lain.


Demikian tutorial singkat mengenai cabut warna atau pisah warna , semoga membantu membuka wawasan anda tentang Photoshop dan printing khususnya sablon.
desablon

Admin: Bangmok

bekerja freelance sebagai desain grafis untuk t-shirt sejak 2002. Software wajib : Adobe, Corel, Autodesk, 3D.

4 komentar:

  1. wahh keren neh sob terus berbagi yah,ane terusterang seneng memplajari teknik2 sablon

    BalasHapus
  2. sama-sama sob, terimakasih komennya

    BalasHapus
  3. terima kasih gan udah mampir :)

    BalasHapus